Ulasan Acer VG240YP: Monitor Gaming IPS 1080p 144Hz

Acer VG240YP adalah monitor gaming IPS 1080p 144Hz pertama yang tersedia sebagai varian 24″. Sebelumnya, hanya 27″ model yang tersedia, yang dihindari banyak pengguna karena kepadatan piksel yang lebih rendah.

Nama lengkap model monitor ini adalah Acer Nitro VG240Y Pbiip, yang disingkat menjadi VG240YP atau VG240Y P agar tidak tertukar dengan Acer Nitro VG240Y bmiix yang merupakan monitor serupa, namun dengan refresh rate 75Hz.

Secara keseluruhan, Acer VG240Y P adalah monitor anggaran yang sempurna untuk penggunaan campuran, termasuk permainan cepat, pembuatan konten tingkat pemula, dan segala sesuatu di antaranya, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan lg 27gp950 monitor gaming freesync 4k 160hz 1ms.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel IPS IGZO-TFT oleh PANDA, Acer VG240YP menghadirkan sudut pandang lebar 178° serta warna yang akurat dan cerah yang mencakup ruang warna sRGB standar dan kedalaman warna 8-bit melalui dithering (6-bit + FRC).

Sekarang, spesifikasi terkait panel lainnya termasuk rasio kontras statis 1.000:1 dan kecerahan puncak 250-nit, yang merupakan standar untuk layar IPS pada kisaran harga ini.

Perhatikan ini: pencahayaan maksimum 250-nits mungkin tampak rendah di atas kertas, tetapi layar bisa menjadi lebih dari cukup terang. Dalam kondisi tampilan normal, Anda ingin mengurangi tingkat kecerahan dari 100 di menu pengaturan tampilan.

Resolusi 1080p menghasilkan rasio piksel per inci 92,56 PPI pada layar Acer VG240YP 23,8″ yang dapat dilihat, yang berarti Anda akan memiliki sejumlah real estat layar yang tersedia, serta detail yang cukup tajam dan jelas.

Seolah itu tidak cukup, 1080p akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencapai frame rate tinggi bahkan dalam permainan yang lebih menuntut jika Anda memiliki kartu grafis yang layak.

Monitor Acer VG240YP juga mendukung HDR (High Dynamic Range). Namun, ini hanya perangkat lunak yang ditiru, sehingga pada dasarnya Anda dapat mengabaikannya.

Seperti yang diharapkan dari panel IPS, beberapa cahaya IPS hadir, tetapi dapat dikelola. Jumlah pancaran IPS berbeda-beda di setiap unit monitor, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Selanjutnya, Acer VG240YP memiliki kinerja input lag yang sangat baik dengan hanya ~4ms delay yang tidak terlihat pada 144Hz.

Acer tidak menentukan kecepatan waktu respons GtG (transisi piksel abu-abu ke abu-abu) monitor, hanya ukuran MPRT (Waktu Respons Gambar Bergerak) 1 ms, yang dicapai melalui nyala lampu latar.

Sebenarnya, untuk mendapatkan 1ms yang ditentukan, Anda harus mengaktifkan Visual Response Boost (VRB) di menu OSD (On-Screen Display) monitor. Fitur ini menyalakan lampu latar untuk mengurangi jejak objek yang bergerak cepat.

Namun, VRB juga mengurangi kecerahan maksimum monitor, dan karena layar Acer VG240YP memiliki pencahayaan puncak 250-nits, gambar akan cukup redup saat menggunakan fitur ini.

Selain itu, VRB tidak dapat aktif secara bersamaan dengan FreeSync atau HDR. Jadi, sebagian besar pengguna tidak akan menganggap fitur ini berguna.

Untungnya, kecepatan respons piksel GtG biasa dari monitor cukup bagus.

Ini tidak secepat model game TN dengan harga yang sama, yang memiliki kecepatan GtG 1ms, tetapi secara signifikan lebih cepat daripada yang Anda dapatkan dengan panel VA pada kisaran harga ini.

Beberapa gerakan kabur terlihat dalam permainan yang bergerak cepat, tetapi Anda tidak akan mendapatkan noda hitam yang terkait dengan panel VA dengan harga yang sama.

Fitur

Acer Nitro VG240YP mendukung AMD FreeSync dengan rentang kecepatan refresh variabel (VRR) 48-144Hz melalui HDMI dan DisplayPort.

Apa artinya ini bagi Anda?

FreeSync membuat kecepatan refresh monitor berubah secara dinamis sesuai dengan kecepatan bingkai GPU dalam rentang VRR, yang menghilangkan robekan layar dan stuttering dengan hampir tidak ada penalti lag input (~1ms).

Meskipun NVIDIA tidak mengesahkannya sebagai G-SYNC yang kompatibel, FreeSync bekerja pada Acer VG240YP dengan kartu NVIDIA yang kompatibel juga, tetapi Anda harus mendapatkan kabel DisplayPort karena tidak disediakan dengan monitor.

Bukan itu saja, ketika FreeSync diaktifkan, Anda tidak akan dapat menggunakan opsi overdrive waktu respons Ekstrim pada monitor ini, yang merupakan masalah umum untuk beberapa Gaming Monitors Acer.

Karena opsi Extreme memperkenalkan overshoot piksel yaitu, ghosting terbalik, ini bukan masalah besar. Cukup gunakan opsi Overdrive Normal, dan tidak akan ada masalah.

Fitur lain termasuk preset gambar pra-kalibrasi GameView (Action, Racing, Sport, ECO, Movie, dll), Aim Point (bilang kustom) dan Black Boost (meningkatkan visibilitas dalam game yang lebih gelap).

Navigasi melalui menu OSD menjadi cepat dan mudah berkat joystick yang ditempatkan di bagian belakang layar di sisi kanan.

Desain & Konektivitas

Desain monitor memiliki dudukan yang hanya dapat dimiringkan (-5°/20°), tetapi kompatibel dengan dudukan VESA dan memiliki bezel yang sangat tipis. Opsi konektivitas mencakup dua port HDMI 2.0 dan satu input DisplayPort 1.2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.