Deretan Kampus Swasta Terbaik Indonesia 2021, Binus Geser Tel-U di Peringkat Pertama

Deretan Kampus Swasta Terbaik Indonesia 2021, Binus Geser Tel-U di Peringkat Pertama

Tulisan kali ini bakal membicarakan tentang peringkat kampus swasta di Indonesia berdasarkan information yang dirilis Webometrics pada bulan Januari tahun ini.

Webometrics sendiri adalah sistem yang mengimbuhkan penilaian kepada seluruh kampus terbaik di dunia. Pemeringkatan didasarkan pada paduan indikator yang mempertimbangkan volume maupun isikan website tiap kampus dan juga visibilitas dan efek dari publikasi website cocok bersama dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, setidaknya tersedia empat komponen yang jadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu : Telkom University kampus swasta terbaik versi webometrics Indonesia 

Kehadiran (5%)
Dampak (50%)
Keterbukaan (10%)
Keunggulan (35 %)
Langsung saja, selanjutnya kita sajikan kampus swasta terbaik di Indonesia 2021 versi webometrics, tiga dari sepuluh kampus swasta terbaik berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. Universitas Bina Nusantara
Tahun 2021, Universitas Bina Nusantara (Binus) sukses menggapai standing sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia versi webometrics. Capaian selanjutnya sekaligus menggeser posisi Tel-U yang pada tahun selanjutnya tempati peringkat 1.

Kualitas dan reputasi yang baik sudah menghantarkan Binus sebagai kampus swasta paling bergengsi di Tanah Air. Kampus utama Binus berada di Jakarta, sementara kampus lainnya tersebar di lebih dari satu wilayah seperti Tangerang, Bekasi Bandung sampai Malang.

Sejauh ini Binus memiliki tiga fakultas dan empat sekolah.

Fakultas Teknik
Fakultas Humaniora
Fakultas Ekonomi dan Komunikasi
Sekolah Teknik Informatika
Sekolah Desain
Sekolah Sistem Informasi
Sekolah Bisnis dan Manajemen

2. Telkom University
(peringkat 12 nasional)

 

Telkom University (Tel-U) berlokasi di kawasan Bandung Technoplex, Dayeuhkolot, Bandung. Kampus selanjutnya merupakan pengembangan kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 Maret 1994.

Sebelumnya, kampus yang berbasis telekomunikasi ini tempati peringkat satu versi webometrics 2020, tetapi pada tahun ini wajib berkenan tergeser oleh Binus. Tel-U dikenal sebagai salah satu kampus swasta paling favorit di Indonesia. Mahasiswanya berasal dari nyaris seluruh penjuru negeri, terhitung Papua.

Beberapa fakultas di Tel-U di antaranya:

Fakultas Teknik Elektro
Fakultas Rekayasa Industri
Fakultas Informatika
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Fakultas Industri Kreatif
Fakultas Ilmu Terapan
3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(peringkat 15 nasional)

 

Peringkat ketiga diisi oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang biasa dikenal UMM. Tahun 2021, UMM sukses menembus peringkat ke-15 nasional sekaligus jadi kampus swasta terbaik di Yogyakarta.

Kampus ini berdiri pada 1981 berdasarkan hasil musyawarah Muhammadiyah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berlokasi di Kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, UMY merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Yogyakarta.

Fakultas yang tersedia di UMY:

Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Pendidikan Bahasa
4. Universitas Gunadarma
(peringkat 23 nasional)

 

Selanjutnya peringkat ke-4 sebagai PTS terbaik di Indonesia ditempati oleh Universitas Gunadarma (UG). Terletak di Kota Depok, Jawa Barat. Sejauh ini UG memiliki kampus yang tersebar di 8 wilayah yang berbeda.

Sejarah kampus ini bermula pada 7 Agustus 1981 berupa Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang sesudah itu beralih jadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Pada 1990, berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Keduanya sesudah itu join jadi Universitas Gunadarma pada 1996. Setelah lebih dari 20 tahun jadi sebuah universitas, kini UG sukses memasang diri sebagai salah satu Universitas swasta paling diperhitungkan di Indonesia.

Sejauh ini Universitas Gunadarma memiliki tujuh fakultas.

Fakultas Ekonomi
Fakultas Psikologi
Fakultas Sastra
Fakultas Ilmu Komputer dan teknologi Informasi
Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
5. Universitas Ahmad Dahlan
(peringkat 27 nasional)

 

Menempati peringkat 27 nasional, Universitas Ahmad Dahlan sukses masuk jajaran kampus swasta terbaik di Indonesia. Padahal tahun 2020, namanya tidak terhitung di dalam daftar 10 kampus swasta terbaik di Indonesia. Suatu pencapaian dan progres yang patut diapresiasi.

UAD sendiri merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai instansi Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960.

FKIP Muhamadiyah merupakan sambungan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada sementara itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada tanggal 19 Desember 1994 bersama dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102 /D0/1994 diterapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih Fungsi jadi Universitas Ahmad Dahlan.

Sejauh ini UAD sudah memiliki 9 fakultas, di antaranya:

Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Farmasi
Fakultas Hukum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Sastra, Budaya dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Teknologi Industri
6. Universitas Dian Nuswantoro
(peringkat 28 nasional)

 

Berlokasi di Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, secara mengejutkan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses masuk jajaran atas kampus swasta terbaik di Indonesia.

Pada mulanya Udinus merupakan sebuah instansi pendidikan kursus pc yang diberi nama IMKA. Dalam perkembangannya pada tahun 1990 ahli-ahli pc di IMKA setuju untuk mendirikan Yayasan Dian Nuswantoro.

Seiring berjalanya sementara bersama dengan dibarengi prestasi-prestasi yang sudah diukir, Udinus kian berkembang dan sampai kini sudah mengakses lima fakultas.

Fakultas Ekonomi
Fakultas Bahasa dan Sastra
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas ilmu Komputer
Fakultas Teknik

Leave a Reply

Your email address will not be published.