Dampak Positif Islam di Eropa

Portal islam terpercaya –  Kekaisaran Ottoman mulai menaklukkan Eropa pada abad ke-14 dan pada abad ke-15 memiliki sebagian besar Eropa Timur di bawah kerajaannya. Meskipun jejak Islam telah ditemukan jauh sebelum Kekaisaran Ottoman tetapi Islam berkembang dengan tepat ketika Kekaisaran Ottoman memerintah Eropa. Sejarawan berpandangan bahwa Islam meletakkan dasar Eropa modern dan itu kenyataannya. Sejarah telah melihat Eropa mendominasi dunia pada abad-abad yang lalu melalui pengetahuan dan kekuatannya, tetapi jika kita mempelajari penemuan awal matematika, fisika dan astronomi, tidak mengherankan; semua pujian diberikan kepada dunia sains Muslim. Matematikawan Muslim bekerja di setiap bidang matematika seperti Al-Jabir mendirikan aljabar. Galileo dan Newton, ilmuwan besar pada masanya,

Plato dan Aristoteles meletakkan institusi penulisan dan teks klasik di Eropa kuno tetapi patung-patung ini hilang dalam sejarah dan hampir hancur selama Zaman Kegelapan. Sekali lagi umat Islam yang bertindak sebagai penjaga tulisan-tulisan penting itu dan melestarikannya. Bahkan beberapa dari karya itu hanya hadir dalam bahasa Arab. Ibne-Rushd, seorang Muslim, yang dikenal sebagai Averroes di Eropa, memiliki nama besar dalam hal ini.

Penjelajah Eropa terkenal dengan pelayaran dan penjelajahannya, tetapi itu hanya dimungkinkan oleh peta akurat yang dihasilkan oleh pembuat peta Muslim. Peta-peta ini membuka jalan bagi penjelajah Eropa untuk menemukan dunia baru dalam rentang waktu minimum.

Ini hanyalah sebagian kecil dari sumbangan yang diberikan oleh Islam ke Eropa secara langsung atau tidak langsung. Menurut berita global, ada sekitar 53 juta Muslim di Eropa. Islam telah menjadi agama dengan pertumbuhan tercepat di Eropa dan di seluruh dunia, telah didirikan masjid-masjid baru di seluruh Eropa dan bahkan non-Muslim mengunjungi masjid-masjid ini. Tingkat konversi ke Islam melonjak dalam beberapa tahun terakhir terutama setelah serangan 9/11 ketika Muslim dituduh melakukannya. Saat itulah non-Muslim terutama Kristen lebih tertarik untuk mengetahui tentang Islam, Al-Qur’an dan ajaran Nabi (SAW). Meskipun Islam telah dimanipulasi menjadi agama ekstremisme dan terorisme tetapi ketika orang-orang ini mempelajari Islam, pandangan mereka berubah dan mereka menemukan Islam sebagai pedoman hidup yang lengkap dan agama terbaik dunia. Jadi mereka mengadopsinya setelah melakukan penelitian besar-besaran.

Baca juga: Alam nasroh

Saat ini media, khususnya di Eropa, banyak berbicara tentang ketidakhormatan yang diberikan kepada perempuan dalam Islam, tetapi pada kenyataannya, ini tidak benar. Islam adalah satu-satunya agama yang telah mengangkat prestise wanita dari salah satu makhluk yang sangat terhina, dalam budaya Barat, menjadi makhluk terhormat yang memiliki hak yang sama dengan pria. Di bawah konsep ideologis yang salah tentang pernikahan anak oleh non-Muslim, umat Islam telah dikritik oleh media barat tetapi pada kenyataannya tidak ada konsep pernikahan anak dalam Islam dan insiden semacam itu murni terbatas pada beberapa suku adat lama.

Karena banyak sejarawan telah mengungkapkan Islam sebagai masa lalu Eropa modern, kami percaya bahwa itu akan menjadi masa depan dunia Eropa juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.