Desktop computer vs. laptop computer

Saat memutuskan antara membeli komputer desktop atau laptop, Anda harus mempertimbangkan beberapa kriteria dan menentukan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah bagan yang membandingkan dua jenis komputer, memberikan pro dan kontra untuk masing-masing untuk membantu Anda membuat keputusan pembelian yang lebih tepat.

Biaya

Desktop – Ada berbagai macam pilihan komponen yang tersedia untuk desktop, memungkinkan untuk kisaran harga yang besar, tetapi titik awalnya relatif murah. Desktop dapat mulai dari $ 600 dan masih menjadi sistem yang cukup kuat.

Laptop – Laptop dapat memiliki pilihan komponen yang cukup beragam, tetapi lebih terbatas daripada desktop. Untuk mendapatkan laptop yang lebih bertenaga (kecepatan lebih tinggi, grafik lebih baik, ruang penyimpanan lebih besar, dll.), harganya bisa jauh lebih tinggi, berkisar hingga $1000 atau lebih, tergantung mereknya.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Komputer desktop selalu lebih murah daripada laptop.

Portabilitas

Desktop -Desktop berukuran besar dan memiliki monitor terpisah. Meskipun mungkin untuk membawa desktop dari satu tempat ke tempat lain, itu tidak praktis dan bukan pilihan untuk portabilitas. Mereka dirancang untuk digunakan di satu lokasi dan tidak banyak dipindahkan, jika sama sekali.

Laptop – Laptop sangat portabel karena ukurannya yang ringkas. Mereka dirancang untuk dibawa dari satu tempat ke tempat lain, dibawa dalam tas ransel atau tas laptop. Mereka bagus untuk digunakan saat bepergian.

Intinya: Laptop memenangkan kategori ini. Jika Anda membutuhkan portabilitas, laptop adalah jawabannya.

Prosesor

Desktop – Prosesor desktop lebih besar, tetapi ini juga berarti prosesor desktop bisa lebih bertenaga daripada prosesor laptop. Prosesor baru yang canggih di pasaran sering kali tersedia di komputer desktop terlebih dahulu.

Laptop – Prosesor laptop sudah hampir menyamai prosesor desktop namun masih terbatas dibandingkan prosesor desktop. Laptop gaming bisa memiliki performa yang setara namun memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Karena desktop tidak perlu khawatir tentang menghemat masa pakai baterai, mereka akan selalu memiliki prosesor yang lebih baik.

Penyimpanan internal

Desktop – Komputer desktop mungkin memiliki beberapa drive penyimpanan internal yang terpasang.

Laptop – Komputer laptop biasanya hanya memiliki ruang untuk satu drive internal. Jika lebih banyak penyimpanan internal diperlukan, drive harus diganti sepenuhnya, atau penyimpanan atau a harus digunakan.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Meskipun kedua komputer dapat memiliki drive eksternal yang terhubung atau menggunakan penyimpanan cloud, komputer desktop dapat memiliki beberapa hard drive internal dan drive lain di dalamnya, untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi Trestle on Tenth.

Perakitan dan pengaturan

Desktop – Menyiapkan desktop membutuhkan sedikit kerja ekstra untuk menghubungkan semuanya, memulainya, dan mulai menggunakannya. Ini juga membutuhkan lebih banyak ruang untuk diatur. Meskipun tidak sulit untuk menghubungkan semuanya bersama-sama, itu masih lebih rumit daripada laptop.

Laptop – Laptop dibuat agar mudah digunakan, membutuhkan sedikit waktu untuk menjalankannya. Keluarkan dari kotak, pasang, dan tekan tombol daya. Dalam hitungan menit, laptop siap digunakan.

Intinya: Laptop memenangkan kategori ini. Laptop dapat aktif dan berjalan dalam beberapa menit.

Papan ketik

Desktop – Desktop dapat menggunakan keyboard ukuran penuh, termasuk papan angka. Tidak ada batasan.

Laptop – Laptop yang lebih kecil dengan layar 14″ dan 15″ memiliki keyboard yang lebih kecil dan tidak memiliki tombol angka di sisi kanan. Laptop yang lebih besar dengan layar 17″ memiliki keyboard yang lebih besar dan mungkin termasuk papan angka, tetapi laptop lebih besar dan lebih berat.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Namun, keyboard desktop dapat terhubung ke laptop, yang, jika dilakukan, dapat membuat ini lebih mengikat.

Ukuran layar

Desktop – Monitor desktop bisa berukuran 19″ atau lebih besar.

Laptop – Karena portabilitas adalah fitur utama laptop, ukuran layar yang lebih kecil diperlukan, dan ukuran layar sering kali berkisar dari 10″ hingga 17″.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Namun, baik laptop maupun desktop dapat terhubung ke monitor, TV, dan proyektor yang lebih besar. Jika salah satu dari pajangan yang lebih besar ini digunakan, itu akan dianggap seri.

Penggunaan daya

Desktop – Komputer desktop menggunakan lebih banyak daya daripada laptop. Mereka harus memberi daya pada catu daya watt yang lebih tinggi, beberapa komponen di dalam komputer, dan monitor. Jika listrik berfluktuasi atau padam, termasuk pemadaman listrik, dokumen apa pun yang sedang dikerjakan dan tidak disimpan dapat hilang.

Laptop – Komputer laptop menggunakan lebih sedikit daya daripada komputer desktop. Komponen yang lebih kecil berarti lebih sedikit daya yang dibutuhkan untuk membuatnya bekerja. Laptop juga memiliki baterai, sehingga fluktuasi daya dan pemadaman tidak akan mengakibatkan hilangnya pekerjaan yang belum disimpan. Baterai langsung menyala saat daya berfluktuasi atau padam.

Intinya: Laptop memenangkan kategori ini. Laptop menggunakan lebih sedikit daya dan memiliki baterai internal untuk pemadaman listrik.

Perbaikan

Desktop – Sebagian besar komponen di desktop dapat dilepas, sehingga lebih mudah untuk ditingkatkan. Kasing desktop lebih besar, memberikan lebih banyak ruang di dalam untuk menambah dan melepas perangkat keras, menggunakan alat, dan mengatur kabel.

Laptop – Memori dan hard drive adalah satu-satunya komponen yang dapat ditingkatkan di laptop. Komponen yang tersisa sudah terpasang dan tidak dapat dilepas, atau laptop tidak dirancang untuk bekerja dengan komponen yang ditingkatkan. Kebutuhan untuk memutakhirkan apa pun selain hard drive dan memori biasanya membutuhkan laptop baru.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Desktop lebih besar dan lebih mudah untuk ditingkatkan.

Game

Desktop – Desktop mampu menggunakan kartu video berdaya tinggi yang memiliki kebutuhan daya lebih tinggi dan memerlukan pengurangan/pembuangan panas yang lebih baik. Hampir semua kartu video dapat digunakan di desktop, termasuk dua atau lebih kartu video secara bersamaan. Dengan demikian, mereka selalu menghasilkan kinerja yang lebih baik untuk bermain game.

Laptop – Ruang fisik terbatas di laptop, yang membatasi kemampuan grafis. Sementara laptop kelas atas dapat memberikan grafik yang lebih baik daripada rata-rata untuk game dan aplikasi berbasis CAD, pengurangan/pembuangan panas dibatasi oleh ruang dalam casing laptop. Daya juga terbatas, yang tidak memungkinkan kartu video yang membutuhkan jumlah watt yang lebih tinggi untuk dijalankan.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Desktop mampu menjadi lebih kuat daripada laptop dan melakukan lebih banyak hal dengan game.

Memperbaiki

Desktop – Memperbaiki komputer desktop umumnya lebih mudah karena sebagian besar perangkat keras dapat dibeli dari rak toko ritel komputer lokal mana pun. Sasis komputer desktop juga jauh lebih besar dan lebih mudah digunakan daripada laptop.

Laptop – Bagi sebagian besar pengguna, membuka laptop untuk memperbaiki suku cadang bisa jadi sulit, dan menemukan suku cadang pengganti sering kali mengharuskan Anda menghubungi produsen komputer atau memesan dari situs online lain.

Intinya: Desktop memenangkan kategori ini. Desktop lebih mudah diperbaiki daripada kebanyakan laptop.

Hasil

Pada akhirnya, keputusan akhir tergantung pada apa kebutuhan Anda. Meskipun gambaran umum di atas mungkin tampak condong ke komputer desktop sebagai pilihan terbaik, jika Anda membutuhkan portabilitas, laptop adalah pilihan terbaik. Ada beberapa batasan yang perlu dipertimbangkan, tetapi tidak terlalu signifikan bagi sebagian besar pengguna.

Namun, jika Anda menginginkan hasil maksimal dan portabilitas tidak diperlukan, desktop kemungkinan merupakan pilihan terbaik. Desktop adalah pilihan optimal untuk permainan grafis yang intensif, penggunaan aplikasi CAD, dan bagi mereka yang lebih suka memiliki opsi peningkatan dengan lebih mudah. Namun, mereka juga baik-baik saja untuk pengguna komputer dasar yang hanya membutuhkan e-mail dan akses Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.